Tips Memulai Bisnis dari Nol

Kamis, 30 Januari 2020

Tips Memulai Bisnis dari Nol

Selamat pagi Sobat GKDB.. Sudahkah Sobat memulai bisnis hari ini? Tahap berdiri, berjalan, berlari, atau masih menjadi rencana saja? Rencana atau planning dalam memulai suatu bisnis sangat diwajibkan karena rencana akan membawa ke mana alur bisnis yang akan dibangun, namun apabila bisnis hanya tersimpan menjadi rencana maka sukses pun hanya menjadi rencana. Jadi kapan nih mulai bisnisnya? Atau Masih bingung bagaimana memulainya? Yuk simak tips dari mimin bagaimana tahapan untuk  memulai bisnis online dari awal. (Bagi yang sudah, bisa menjadi referensi tambahan ya)

tips bisnis, tips memulai bisnis, tips bisnis suskes
tips memulai bisnis dari nol
(foto:  digination.id)



1. Tentukan target atau sasaran pasar
Sebelum memulai bisnis online, Sobat GKDB harus dan wajib menentukan target atau sasaran pasarnya terlebih dahulu. Pasar yang akan dituju oleh Bosku akan mempermudah menentukan jenis produk apa yang akan dipasarkan nanti untuk konsumen.

Target pasar ini meliputi jenis kelamin, usia, dan kategori ekonomi konsumen. Ketiga target pasar tersebut harus ditentukan dulu loh, apakah target pasar Bosku itu produk untuk perempuan atau laki-laki, apakah target pasarnya di kalangan usia remaja, dewasa, atau tua. Apakah target pasar Bosku untuk kategori ekonomi menengah  kebawah atau menengah ke atas.

2. Tentukan jenis produk yang akan dijual
Setelah menentukan target pasar, maka Sobat GKDB akan dengan mudah menentukan produk apa yang akan dipasarkan kepada konsumen. Selain itu akan dengan mudah juga dalam menentukan harga suatu produk. Disamping menentukan 3 target pasar tadi, untuk mengetahui produk apa yang akan dijual perlu juga melakukan riset terkait minat dan kebutuhan pasar agar produk yang dijual agan dan sista disukai konsumen. Riset bisa dilakukan dengan observasi/ tanya-tanya di komunitas yang menjadi pasar, atau cari di google, medsos, dan marketplace. Kalau target pasarnya cowok, anak muda,  maka distro bisa menjadi salah satu kiblat fashion. Penentuan harga juga menyesuaikan dengan kalangan mana yang akan kita sasar. Yang konsumen tanyakan itu biasanya apakah galerinya lengkap, model terbaru, baru terakhir harga. (Jika Sobat kesulitan melakukan riset, yuk tanya tanya ke mimin)

tips memulai bisnis, tips bisnis sukses, tips bisnis dari 0
Contoh Produk Grosir Kaos Distro Bandung
3. Nama brand atau Olshop yang mudah diingat
Tahap ketiga dalam memulai bisnis online yaitu menentukan nama brand dari suatu produk Sobat GKDB. pemberian nama brand harus dipikirkan dengan matang karena hal ini berkaitan langsung dengan identitas brand bisnis Sobat. Pemberian nama brand harus unik, berbeda dari yang lain tetapi harus nama yang mudah diingat agar konsumen mudah mengingatnya. Jika Sobat menjadi reseller/ dropshipper, maka nama online shop yang diberikan haruslah yang selain mudah diingat juga nama yang mudah dicari konsumen. Setelah itu, baru cari tagline yang mudah diingat dan menggambarkan binis kita. Kalo di kita, tagline nya “terlengkap, termurah, terpercaya” karena itu identitas kita dan paling dibutuhkan konsumen. Sobat bisa mencari tagline lain yang menjadi symbol brand/ olshop kita.

4. tentukan marketplace online shop
Setelah tahu target pasarnya siapa, produk yang akan dijualnya apa, dan nama brand atau online shop nya apa, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan tempat memasarkan produk atau biasa disebut marketplace.

Jika membuka toko, usahakan jangan di tempat sepi. Sebagus apapun produk kita, orang gak akan tahu keberadaan kita. Begitu pula di dunia bisnis online. Cari tempat ramai. Jika menggunakan lapak sendiri, bisa menggunakan website, jika di lapak orang, bisa pake media sosial atau market place lain yang sedang booming sekarang ini. Pemilihan marketplace ini disesuaikan dengan pemahaman dan kenyamanan Sobat.

Info lain: Cara Agar Laku Bisnis Jualan Apapun

5. Tentukan strategi pemasaran
Tahap yang terkahir dalam memulai bisnis online yaitu dengan menentukan strategi pemasaran nya. Tahap ini merupakan tahap yang harus mendapatkan kontrol dan fokus yang lebih karena sumber dari banyak nya minat konsumen terhadap suatu produk yaitu dari pemasarannya, apabila pemasaran agan dan sista bagus dengan bisa menyebarkan informasi kepada khalayak umum,  maka calon konsumen setelah mengetahuinya akan tertarik dan bertanya yang diakhiri dengan adanya  transaksi.

tips bisnis, tips memulai bisnis, tips bisnis suskes


Info tips lainnya, silakan chat admin:
WA/ Line: 0857-0426-5846

Sekian dulu ya, nanti kita lanjut pada edisi berikutnya. Salam hangat
Grosir Kaos Distro Bandung (GKDB)

Terlengkap, Termurah, Terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar