Sejarah Kaos Distro Bandung

Minggu, 16 Februari 2014

Sejarah Kaos Distro Bandung

Sejarah Kaos Distro di Bandung


Kaos Distro - Di kalangan anak muda Indonesia, pergaulan anak muda zaman sekarang tidak pernah lepas dari yang nama fashion. Dan kaos Distro  adalah salah satu pemicu perkembangan fashion anak muda Indonesia.

Distro adalah sebuah akronim untuk mengungkapkan distribution store, atau toko distribusi. yaitu sejenis toko yang menjual pakaian, sepatu, atau aksesoris lainnya yang digunakan anak muda, yang komoditasnya terbatas. Biasanya, pakaian yang dipajang di rumah distribution store adalah produk sendiri yang merupakan industri kecil sehingga barang yang diproduksi sifatnya terbatas. Merek independen ini bisanya digemari anak muda karena tidak pasaran dan mencitrakan diri eksklusif. Produk yang ada di distro (distribution store) biasanya tidak diproduksi secara massal. Hal ini dilakukan untuk memepertahan citra lux pada suatu produk.


Grosir Kaos Murah Polos, Kaos distro bandung, kaos distro murah, kaos distro online, grosir kaos distro, toko kaos distro online,
Grosir Kaos Distro Bandung

Distro: Makna dan Sejarahnya


a. Distro (Distribution store) adalah bentuk riil ideologi kaum muda, selain sebagai bentuk eksistensi diri. Distro merupakan sebuah ideologi yang sangat anti keseragaman pemikiran. Mereka sangat menghargai perbedaan dalam bentuk apapun. Kehadiran distribution store juga sebagai representasi ideologi anak muda yang anti keseragaman selera dan pola pikir atau mainstream serta DIY atau do it yourself.
b. Sejarah konsep Distro ini berawal dari anak-anak muda Bandung yang suka nge-Band. Pada pertengahan 1990-an di Bandung banyak bermunculan band-band independen yang suka manggung di cafe-cafe. Sebagai contoh, Peterpan pun berawal dari band independen. Band-band indenden tersebut berusaha untuk menjual souvenir dengan label band mereka, baik berupa pin, CD, kaset, stiker sampai akhirnya pada t-shirt.
c. Awalnya, pendistribusian hanya dilakukan di lokasi pertunjukan saat mereka manggung. Namun akhirnya karena permintaan barang semakin menanjak, mereka pun membuka clothing atau outlet sendiri yang menjual barang-barang ciri khas band mereka. Akhirnya, menjamurlah Distro (distribution store) di Bandung dengan meniru gaya berjualan anak band. Kini, anak-anak punk ikut membuat distribution store yang khusus menjual aksesoris mereka, seperti skateboard, brotherhood, XTC, dan lain-lain.
d. Nama-nama distribution store yang terkenal di Bandung di antaranya, Oink! The Piggest Company, Rockmen Insd, Orc Insane, Oglea, dan sebagainya. Sampai saat ini jumlah distro di Indonesia mencapai ribuan, dan setengahnya ada di kota Bandung karena sejarah distribution store berawal dari Bandung. Memang tidak pernah salah ketika Bandung dijuluki sebagai Paris Van Java karena anak muda Bandunglah yang dijadikan barometer perkembangan fashion Indonesia.


Bagaimana Bandung bisa menjadi sedemikian hebat dalam hal perkaosan, hal ini memang tidak bisa dilepaskan dalam tiga hal. Pertama, Bandung sejak jaman penjajahan Belanda dijadikan sebagai pusat pabrik tekstil, khususnya di daerah Majalaya. Sehingga Bandung berkembang menjadi pabrik tekstil yang menjadi bahan pokok industry garmen. Kedua, Bandung menjadi sentra industry garmen, yang mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi. Yang ketiga, Bandung masyarakatnya sangat kreatif yang mana kreatifitas adalah modal utama dalam industry fashion.
Jenis usaha yang paling banyak digeluti kaum muda Bandung belakangan ini adalah distro (distribution store) menjajal peruntungan sebagai pedagang kaos pun mereka jalani. Distribution store kini sudah banyak hadir di berbagai kota di Indonesia, khususnya kota-kota besar. Kehadiran distribution store seperti menjadi bukti eksistensi kaum muda Indonesia. 

a. Usaha Kaum Muda
Gejolak jiwa muda yang tidak terlalu menyukai peraturan yang mengekang juga menjadi alasan mengapa mereka lebih memilih mendirikan sebuah usaha daripada harus bekerja pada satu perusahaan atau instansi. 
 b. Berburu Kaos Distro di Bandung
Jika Anda melihat kaum muda kota Bandung mengenakan kaos distro ini, dijamin Anda pun juga tergoda untuk mengenakannya juga. Nah, jika mau membeli kaos distro di Bandung, Anda tak usah bingung. Jika Anda belum hafal, berikut merupakan beberapa lokasi strategis untuk menemukan outlet distribution store di kota Bandung:
Pusat distro di Kota Bandung bisa kamu lihat di jalan Riau atau jalan R.E. Martadinata, jalan Trunojoyo, jalan Dago atau jalan Ir.H. Djuanda, jalan Setiabudhi, Plaza Parahyangan di samping Alun-Alun kota Bandung, Jalan Dipatiukur, belakang bank BCA Dago, dan simpang Dago. selain tempat nongkrong atau kongkow anak-anak muda kota Bandung, kamu juga bisa menemukan berbagai desain kaos distro yang unik di outlet-nya dengan  memilih aneka kaos dengan desain yang unik dengan harga yang cukup terjangkau.

 Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi pengetahuan kita. Selamat berbelanja… 

 **sumber artikel : forum viva 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar