Sejarah T-Shirt (Kaos oblong)

Minggu, 16 Februari 2014

Sejarah T-Shirt (Kaos oblong)

 

Sejarah Kaos Oblong (T-Shirt) di Dunia

Halo sobat… sudah tahu kenapa kaos oblong kini menjadi trend mode yang di gemari di hampir seluruh dunia? Nah, kalo masih gelap, mari coba kita simak perjalanan sejarah kaos oblong hingga kini. Jadi, identitas kaos ini tidak hanya merupakan pakaian penutup tubuh, tetapi menjadi identitas dan alat perjuangan komunitasnya… cie, gaya banget pake perjuangan segala, hehe
Grosir Kaos Murah Polos, grosir kaos distro bandung, kaos distro murah, grosir kaos distro,
kaos oblong-Grosir kaos distro Bandung
a. Maksud Kaos oblong 
Kaos oblong atau disebut juga sebagai T-shirt adalah jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh bada, bahu, dan perut. Kaus oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Pada umumnya, kaus oblong berlengan pendek (melewati bahu hingga sepanjang siku) dan berleher bundar. Bahan yang umum digunakan untuk membuat kaus oblong adalah katun atau poliester (atau gabungan keduanya).

b. Sejarah

T- Shirt atau kaos oblong pada awalnya digunakan sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika pada abad 19 sampai awal abad 20. Asal muasal nama inggrisnya, T-shirt, tidak diketahui secara pasti. Teori yang paling umum diterima adalah nama T-shirt berasal dari bentuknya yang menyerupai huruf "T", atau di karenakan pasukan militer sering menggunakan pakaian jenis ini sebagai "training shirt"

Masyarakat umum belum mengenal penggunakan kaos oblong atau T-Shirt dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, para tentara yang menggunakan kaos oblong tanpa desain ini pun hanya menggunakannya ketika udara panas atau aktivitas-aktivitas yang tidak menggunakan seragam.

c. Awal kepopuleran

T-shirt alias kaos oblong ini mulai dipopulerkan sewaktu dipakai oleh Marlon Brando pada tahun 1947, yaitu ketika ia memerankan tokoh Stanley Kowalsky dalam pentas teater dengan lakon “A Street Named Desire” karya Tenesse William di Broadway, AS. Kaos oblong berwarna yang dikenakannya begitu pas serta sesuai dengan karakter tokoh yang diperankannya. dan film Rebel Without A Cause (1995) yang dibintangi James Dean. Pada waktu itu penontong langsung berdecak kagum dan terpaku. Meski terjadi polemik seputar kaos oblong karena dinilai kurang ajar.
Polemik tersebut justru menaikkan publisitas dan popularitas kaos oblong dalam percaturan mode. Akibatnya pula, beberapa perusahaan konveksi mulai bersemangat memproduksi benda itu, walaupun semula mereka meragukan prospek bisnis kaos oblongPada tahun 1961 sebuah organisasi yang menamakan dirinya “Underwear Institute” (Lembaga Baju Dalam) menuntut agar kaos oblong diakui sebagai baju sopan seperti halnya baju-baju lainnya.

d. Menjadi Tren Anak Muda

Perlahan namun pasti, T-shirtkaos oblong mulai menjadi bagian dari busana keseharian yang tidak hanya dipakai untuk daleman, tetapi juga menjadi pakaian luaran. Pada pertengahan tahun 50an, T-shirt (kaos oblongsudah mulai menjadi bagian bagian dari dunia fashion. Namun baru pada tahun 60an ketika kaum hippies mulai merajai dunia, T-shirt benar-benar menjadi state of fashion itu sendiri. Sebagai sebuah simbol (lagi-lagi) anti kemapanan, para hippies ini menggunakan T-shirt/kaos sebagai salah satu simbolnya.
Disaat yang bersamaan, komunitas punk, atau organisasi politik, juga menyadari bahwa T-shirt (kaos oblong) dapat menjadi medium propaganda yang sempurna selain medium yang telah ada. Statement apapun dapat tercetak diatasnya, tahan lama, dan penyebarannya mampu melewati batas-batas yang tidak dapat dicapai oleh medium lain, seperti poster misalnya.

e. Dijadikan Identitas Pemakainya

Desain T-Shirt (kaos oblongyang kemudian menjadi semacam aktualisasi pemakainya, bisa diramalkan akan tetap terus digemari. Elemen desain berupa typohraphy yang sangat menarik dan penuh maksud sangat berpeluang diminati masyarakat. Apalagi perkembangan dunia konsumen yang sangat memanjakan aktualisasi pribadi. Pemakaian kaos dalam berbagai kesempatan memberikan juga peluang bagi para desainer dalam berkarya. Fungsinya yang semakin melebar sangat bisa mendukung perkembangan desain itu sendiri.


f. Kaos Oblong di Indonesia

Di Indonesia, konon, masuknya kaos oblong ini karena dibawa oleh orang-orang Belanda. Namun ketika itu perkembangannya tidak pesat, sebab benda ini mempunyai nilai gengsi tingkat tinggi, dan di Indonesia teknologi pemintalannya belum maju. Akibatnya benda ini termasuk barang mahal.
Namun demikian, kaos oblong baru menampakkan perkembangan yang signifikan hingga merambah ke segenap pelosok pedesaan sekitar awal tahun 1970. Beberapa merek yang terkenal waktu itu adalah Swan dan 77. Ada juga merek Cabe Rawit, Kembang Manggis, dan lain-lain. Dan tren kaos oblong rupa-rupanya direkam pula oleh Kartunis GM Sudarta melalui tokoh Om Pasikom dan kemenakannya dengan tajuk “Generasi Kaos Oblong” (Harian Kompas, 14 Januari 1978).

Jadi begitulah perjalanan sejarah T Shirt (Kaos Oblong) dari asal muasalnya hinge ke Indonesia. Bagaimana tanggapan Anda? Semoga sejarah kaos oblong ini menjadi inspirasi bagi sobat-sobat untuk menggunakan kaos  dalam aktivitas sehari-hari..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar